Tips Mempersiapkan Pekerjaan Pelapisan Dengan Epoxy Resin

Epoxy resin membuat tampilan sesuatu akan menjadi lebih bagus. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan maka ada persiapan yang harus dilakukan sebelum melakukan pengerjaannya. Jasa epoxy lantai tentu sudah lihai dalam hal ini. Sebagai info, di bawah ini kami akan membahasnya untuk Anda.

image_2021-05-07_215758

Ada 6 tips mempersiapkan pengerjaan pelapisan menggunakan epoxy resin. Berikut ini langkah-langkahnya.

Perencanaan

Dalam melakukan apapun, perencanaan adalah tahap yang sangat penting. Melakukan pelapisan dengan bahan epoxy itu lumayan sulit. Banyak detail tindakan yang harus dilakukan dengan serius. Persiapan yang dilakukan meliputi persiapan dalam segi peralatan dan bahan.

Agar tidak ada yang terlewatkan, akan lebih baik jika Anda mencatat apa saja langkah yang akan dilakukan sebelum memulai pekerjaan. Setelah itu baru siapkan bahan-bahannya. Langkah yang paling harus diperhatikan adalah proses dalam pencampuran, cleaning, juga pengaplikasian.

Lakukan Uji Coba

Meski sudah melakukan perencanaan secara detail, alangkah lebih baiknya untuk melakukan uji coba lebih dulu. Apalagi jika ini adalah pekerjaan yang pertama kali pernah Anda lakukan. Pengujicobaan dilakukan agar Anda bisa tahu bagaimana langkah-langkah dalam melakukan pekerjaan ini dan bisa tahu bagaimana perubahan dari benda yang telah dilapisi epoxy.

Selain itu, Anda bisa tahu berapa lama waktu pengeringan dan proses perubahan epoxy dari basah menjadi kering.

Pengamplasan

Proses pengamplasan dalam pelapisan benda dengan epoxy sangat penting dilakukan. Terutama jika permukaan dari benda yang ingin dilapisi epoxy punya sifat yang sangat glossy. Kenapa? Alasannya karena benda yang sangat glossy akan membuat epoxy resin sulit menyatu dan tidak bisa melekat 100%. Setidaknya Anda mengamplas lapisannya sebanyak 150 grit.

Setelah proses pengamplasan selesai, jangan lupa untuk membersihkan semua sisa debunya. Jika tidak maka lapisan epoxy sulit menempel secara maksimal.

Siapkan Kuas

Kuas adalah alat penting yang digunakan dalam penggunaan epoxy. Kuas harus punya kualitas yang bagus agar hasil dari lapisan epoxynya bisa menjadi lebih berkesan. Bagaimana ciri kuas yang berkualitas? Yaitu kuas yang tidak rontok. Jika tidak bisa beli kuas mahal, Anda bisa tempelkan kuasnya ke double tip. Agar rambut kuas itu hanya menempel di sana.

Pilih Epoxy Resin yang Penyimpanannya Baik

Salah satu cara agar bisa mendapatkan hasil maksimal adalah menggunakan epoxy yang telah disimpan dengan baik. Contoh penyimpanan resin epoxy yang bagus adalah di tempat hangat. Apabila tempatnya dingin maka membuat epoxy sulit untuk mengental. Contoh tempat bagus untuk menyimpannya adalah di loteng rumah Anda.

Pakai Jasa

Jika Anda kurang pengalaman dan takut hasilnya gagal maka lebih baik gunakan jasa pelapisan epoxy. Terutama jika pengerjaannya dalam skala besar. Pilih jasa pelapisan epoxy yang sudah profesional agar hasilnya terjamin bagus.

Itulah bagaimana tips dalam mempersiapkan pekerjaan pelapisan dengan epoxy resin. Semoga bermanfaat.

Tips Mempersiapkan Pekerjaan Pelapisan Dengan Epoxy Resin | Khisma | 4.5