Resiko dan Kerugian Root Android pada Smartphone

Resiko dan kerugian root Android yang diperoleh pengguna tak ada bedanya dengan jailbreak pada iPhone. Rooting Android adalah suatu proses yang memungkinkan kita memperoleh akses dan kontrol secara penuh pada smartphone Android Anda. Mengapa orang-orang pilih melakukan root pada android mereka sendiri? Root itu sendiri akan memberi keuntungan pada pengguna untuk bisa bebas meng-install berbagai aplikasi gratis yang banyak bertebaran di store dan non-store.

Misalnya saja, pengguna ingin mengganti atau memodifikasi theme, install berbagai aplikasi, hapus aplikasi bawaan, kustomisasi sistem operasi, dll. Itu adalah keuntungannya, sedang resiko dan kerugian root Android adalah sebagai berikut:

Advertisement

rooting android, resiko dan kerugian root android

Resiko dan kerugian root Android

  1. Jangka waktu garansi berpeluang hilang

Setelah dilakukan root pada Android Anda, ada kemungkinan kehilangan garansi ponsel cerdas Anda dari pabrik bisa hilang. Hal ini bisa Anda buktikan bila smartphone Android milik Anda yang sudah rooting dibawa ke service center, maka sudah pasti tak akan memperoleh garansi walau jangka waktu berlaku garansi belum habis. Hal ini karena pada saat proses rooting, secara otomatis bagian segel yang terpasang di bagian dalam ponsel akan terlepas.

  1. Resiko gagal root

Bila proses rooting Anda gagal, dipastikan Anda harus mengulangi proses dari awal sehingga akan butuh waktu yang lebih lama lagi untuk proses rooting. Bila gagal dalam rooting, kemungkinan terparah yaitu ponsel cerdas Anda bootloop atau mati total.

  1. Rentan terserang virus

Bila ponsel Android sudah di-root, kemungkinan terserang virus begitu besar. Hal ini terjadi karena firewall telah terbuka dalam proses rooting. Untuk mengatasinya, install aplikasi antivirus yang terpercaya di Google Play Store.

  1. Kinerja ponsel melemah

Performa ponsel melemah karena Android yang di-root biasanya dipaksa untuk bekerja lebih keras dan dipaksa bekerja sampai di luar kemampuan ponsel itu sendiri. Hal inilah yang membuat umur smartphone Anda semakin pendek dan sering mengalami overheating.

  1. Kehilangan update

Tak hanya kehilangan garansi ponsel, proses rooting juga akan menghilangkan update Over The Air (OTA) saat ada pembaharuan versi sistem operasi. Untuk bisa memperoleh update, harus melalui prosedur manual.

Itulah serangkaian resiko dan kerugian root Android yang akan diterima oleh si pengguna. Untuk keperluan semua itu, pengguna Android harus tetap bijak dalam melakukan root. Jangan sampai terlalu berlebihan yang membuat kinerja smartphone Anda mudah hang atau error. Inilah kerugian yang banyak diterima oleh para pemakai android.

Incoming search terms:

  • polytron l501 bootloop
Resiko dan Kerugian Root Android pada Smartphone | Yusnu Iman Nurhakim | 4.5