Perbedaan OS Windows 32 Bit dan 64 Bit

IKLAN

Perbedaan OS Windows 32 Bit dan 64 Bit – Pemilik komputer terkadang tidak terlalu memerhatikan spesifikasi terkait Windows yang mereka gunakan. Bahkan tidak tahu apa yang dinamakan 32 bit atau 64 bit di dalam komputernya. Kebanyakan kaum hawa tidak mengerti dan tida terlalu perduli hal demikian. Saat membeli laptop pun terkadang, mereka hanya melihat visual atau RAM-nya saja. Padahal dalam sebuah prosesor, ukuran bit Windows sangatlah penting.

Jika kamu belum tahu berapa bit Windows kamu, jika menggunakan Windows 7 kamu bisa melihatnya di Start > My Computer > Properties. Pada bagian properties ini akan muncul ukuran Bit prosessor dari windows kamu, apakah 32 ataukah 64.

IKLAN

Ini Perbedaan Windows 32 Bit dan 64 Bit

Tapi apakah perbedaan OS Windows 32 bit dan 64 bit ini? Tentunya ada perbedaan yang signifikan dari keduanya. Kamu juga perlu tahu, agar kelak jika kamu membeli komputer atau laptop bisa tahu mana laptop yang kinerjanya sesuai dengan kebutuhan kamu. Untuk itu artikel ini akan memberi kamu pengetahuan tentang perbedaan Windows 32 bit dan 64 bit. Simak perbedaannya di bawah ini ya.

Perbedaan OS Windows 32 Bit dan 64 Bit

  • Kehandalan Dalam Proses Data

Dalam memproses data, Windows yang berkururan 32 bit dan 64 bit tentu saja jauh berbeda. Komputer kita memiliki pemrosesan data yang dilakukan salah satunya tergantu pada ukuran bit Windowsnya. Ukuran 32 bit ini menunjukan bahwa saat melakukan proses satu data, ia dimuat dengan ukuran 32 bit. Jadi jika sedang memproses data, ukuran 64 bit akan lebih cepat dibandingkan 32 bit.

IKLAN
  • Perbedaan Performa

Untuk kamu yang senang melakukan editing, kamu lebih baik menggunakan ukuran Windows 64 bit. Karena performa kerja dari Windows 64 bit akan lebih sempurna jika kamu memperkerjakan komputer kamu dengan berat. Tapi jika kamu menggunakannya dengan cara biasa saja, seperti untuk mengetik dan nonton film, ukuran 32 bit sudah cukup. Artinya, ukuran 64bit dan 32 bit ini ditentukan juga oleh prosessor, ukuran 32 ini sebenarnya secara jumlah juga berada di bawah 64 bit. Begitu juga dalam hal performa, yang mana ukuran 64 bit ini lebih baru.

  • RAM yang bisa digunakan

Ada perbedaan arsitektur Windows 32 bit dan 64 bit, sehingga mempengaruhi dalam hal RAM yang bisa digunakan dalam PC. Windows yang berukuran 32 bit tidak bisa bekerja secara optimal ketika dia diberikan RAM yang lebih besar dari 3.2GB. Windows 32 bit akan bekerja lebih maksimal jika kita berikan RAM yang lebih rendah daripada itu, semisal 1 atau 2 GB. Jika memang ingin menggunakan RAM yang lebih besar daripada itu, kamu bisa menggunakan Windows 64 bit, yang bisa menggunakan RAM lebih dari 4 GB. Jikapun kamu memaksakan RAM 4 GB di Windows 32 bit, maka hanya akan terbaca sampai 3GB saja.

  • Kecocokan Software Yang Bisa Digunakan

Perbedaan dari Windows 32 bit dan 64 bit juga bisa dilihat dari software yang bisa digunakan. Ada software tertentu hanya mungkin berat, sehingga hanya bisa digunakan di Windows 64 bit. Jika memaksakan di Windows 32 bit, maka kinerja komputer kamu akan sangat lambat. Tetapi, jika menggunakan Windows 64 bit, kamu bisa secara leluasa menggunakan software yang biasa digunakan di Windows 32 bit.

Gimana, sudah tahu ukuran bit Windows kamu berapa? Dengan tahu ukuran bit Windows, kamu bisa memilih Windows bit berapa saat ingin membeli komputer nanti. Semoga bisa membantu kamu mengetahui perbedaan OS Windows 32 bit dan 64 bit.

IKLAN
Perbedaan OS Windows 32 Bit dan 64 Bit | Iis Nurhayati | 4.5