Cara Menonaktifkan Update Otomatis Android Untuk Menghemat Kuota

Cara Menonaktifkan Update Otomatis Android Untuk Menghemat Kuota – Fitur update aplikasi secara otomatis merupakan bawaan dari Google Playstore untuk memperbaharui aplikasi menjadi versi yang lebih baru. Apabila smartphone android terhubung dengan jaringan internet maka di waktu tertentu akan melakukan update secara otomatis. Update secara otomatis ini tentu saja dapat menyedot kuota internet dan baterai sehingga cepat habis. Sebenarnya ada cara menonaktifkan update otomatis android yang dapat dilakukan dengan mudah agar menghemat kuota internet dan baterai.

Dengan mematikan update otomatis ini maka saat terhubung internet tidak langsung melakukan update aplikasi yang menghabiskan kuota internet dan baterai. Akan sangat beruntung apabila terhubung dengan WIFI yang tidak akan mempengaruhi kuota internet. Sebenarnya, Google Playstore melakukan setting update secara default menggunakan auto update. Namun ada cara mudah untuk mematikan auto update tersebut dengan syarat tertentu yaitu Google Palystore merupakan versi di atas 5.0.

Advertisement

cara menonaktifkan update otomatis android

Cara Menonaktifkan Update Otomatis Android

Berikut ini cara menonaktifkan update otomatis android:

  1. Hubungkan smartphone android dengan jaringan internet.
  2. Buka aplikasi yang dituju yaitu Google Playstore.
  3. Perhatikan bagian pojok kiri atas terdapat 3 baris horisontal. Lakukan tap pada 3 baris horisontal tersebut.
  4. Pilihan menu terbuka.
  5. Pilih Settings atau Setelan untuk memunculkan menu.
  6. Pilih Auto Update apps atau Aplikasi diperbarui secara otomatis. Kemudian lakukan tap.
  7. Pastikan agar tanda centang hilang.
  8. Di beberapa android ada pilihan update aplikasi yang muncul yaitu Do not auto update apps, Auto update apps at anytime. Data charges may apply dan Auto update apps over Wi-Fi only. Pilih do not auto update jika tidak ingin melakukan update secara otomatis. Pilih auto update apps at anytimejika ingin melakukan update setiap waktu. Pilih data charges may apply jika ingin update secara otomatis dengan tidak melihat paket data yang digunakan. Pilih auto update apps over Wi-Fi only jika ingin melakukan update apabila terhubung dengan jaringan WIFI.
  9. Untuk mematikan update secara otomatis maka memilih Do not auto update apps. Lakukan tap pada bagian tersebut hingga tulisan menjadi Do not auto update apps.
  10. Apabila masih menginginkan update secara otomatis untuk aplikasi tertentu maka dapat dilakukan dengan membuka aplikasi yang dipilih dan klik enable/disable di pojok kanan sebelah atas. Pilih nyalakan auto update.

Cara menonaktifkan update otomatis android sangat mudah. Cara ini bahkan dapat dilakukan oleh orang yang awam dengan IT. Setelah melakukan non aktif update otomatis maka dapat menghemat kuota internet dan baterai.

Cara Menonaktifkan Update Otomatis Android Untuk Menghemat Kuota | Yusnu Iman Nurhakim | 4.5