Cara Menghapus Riwayat Pencarian Facebook Mudah

IKLAN

Cara menghapus riwayat pencarian facebook termasuk mudah dilakukan. Hampir setiap pengguna bisa melakukannya. Alasan penghapusan ini biasanya karena pengguna akun merasa diawasi setiap saat. Riwayat pencarian ada karena setiap kita mengetikkan nama seseorang atau apa pasti direkam oleh sistem dari Facebook itu sendiri. Bagi facebook itu sendiri sebenarnya sedang mengumpulkan data-data dari para pemilik akun. Biasanya data-data ini diperlukan untuk menampilkan iklan.

Riwayat pencarian itu sendiri memiliki beragam tujuan. Baik untuk si pengguna maupun dari Facebook itu sendiri. Bagi pengguna itu sendiri tentu ditujukan untuk mencari seseorang, grup, atau komunitas. Misalnya saja, mencari nama akun seseorang berdasarkan nama depan teman. Dengan mengetikkan nama tersebut di kotak pencarian akan ada deretan nama-nama akun yang identik. Nama-nama ini akan mudah muncul bila pengguna mengetikkan nama tersebut. Atau bisa saja hanya mengetikkan satu huruf saja sudah tampil deretan nama-nama yang identik. Bagi Facebook itu sendiri dipakai untuk koleksi data yang nantinya akan diolah lagi.

IKLAN

hapus riwayat pencarian facebook

IKLAN

Bagaimana Cara Menghapus Riwayat Pencarian Facebook

  1. Log in dulu kea kun Facebook Anda, lalu klik ikon gigi roda (gear) yang terletak di bagian sudut kanan atas. Selanjutnya klik Activity log.
  2. Pada laman berikutnya, lihat panel atau bilah di bagian kiri layar komputer Anda, lalu klik link menu MORE.
  3. Langkah selanjutnya, cari menu link Search, lalu di-klik.
  4. Sekarang, berpindah ke panel bagian kanan bilah setelah menu Search diklik, Anda akan temukan sebaris informasi, riwayat kata kunci, orang, grup, dan laman yang sudah pernah diketik di bagian pencarian. Bila ingin dihapus salah satu item hasil pencarian tersebut, silahkan di-klik tombol yang berada di sebelah tanda gembok, lalu klik Remove.
  5. Bila ingin hapus semua riwayat pencarian, dialihkan saja ke bagian atas, lalu Anda akan temukan link menu ClearSearches. Secara otomatis, semua riwayat yang ada akan terhapus oleh sistem dengan sendirinya.

Bagi pengguna itu sendiri, riwayat pencarian bisa saja ada yang tak ingin direkam atau tetap diperbolehkan direkam. Dari pihak Facebook itu sendiri, data-data rekaman dari pengguna ini sangat berguna untuk mengetahui minat para penggunanya. Sebenarnya, Facebook itu sendiri memang membutuhkan data-data ini untuk menawarkan iklan sesuai keberminatan para penggunanya. Namun, karena permintaan dari para penggunanya itu sendiri, Facebook harus tetap menghargainya.

IKLAN
Cara Menghapus Riwayat Pencarian Facebook Mudah | Yusnu Iman Nurhakim | 4.5