Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka

IKLAN

Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka – Bagi para pengguna smartphone Android pastinya sudah tidak asing lagi dengan namanya Google Play Store. Karena pada setiap perangkat Android pasti sudah terpasang Google Play Store ini. Apa Google Play Store itu ? Bagi anda yang baru memegang smartphone Android pasti bertanya-tanya apa Google Play Store itu. Google Play Store adalah sebuah layanan yang dibangun oleh Google sebagai tempat mendapatkan berbagai aplikasi dan game Android.

Jadi, Google Play Store bisa dikatakan sebuah market atau toko yang menyediakan berbagai aplikasi dan game-game, mulai dari berbayar hingga gratisan. Setiap pengguna smartphone Android dapat mencicipi Google Play Store ini, dan mendapatkan berbagai aplikasi dan game. Syaratnya, anda harus mendaftar terlebih dahulu.

IKLAN

Cara Mudah Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka

Meski sudah dirancang sebaik mungkin, yang namanya system pasti akan terjadi masalah. Nah, biasanya masalah yang sering terjadi pada Google Play Store ini adalah tidak bisa dibuka. Ya, Google Play Store macet tidak bisa dibuka. Kalau sudah begitu, pastinya anda tidak bisa menggunakan fasilitas didalamnya.

IKLAN

Tapi tenang, ada cara mengatasi Google Play Store tidak bisa dibuka. Ada dua cara, tinggal anda pilih yang bisa yang mana. Bagimana caranya ? Simak ulasan berikut ini.

  1. Pertama, masuk pada menu “setting” atau “pengaturan” pada smartphone Android.
  2. Selanjutnya, pilih “manajer aplikasi” atau “apps”
  3. Sekarang klik/tap “semua”, dan lanjutkan dengan klik “reset preferensi aplikasi”.
  4. Keluar dari menu setting, dan coba buka Google Play Store.

Sampai disini seharusnya sudah dapat dibuka Google Play Store, dan sudah kembali normal seperti sediakala. Namun, jika ternyata masih belum bisa dibuka juga, lanjutkan dengan cara kedua ini yaitu dengan clear data aplikasi. Caranya ? Berikut ini.

  1. Masuk pada menu “setting” atau “pengaturan” lagi.
  2. Setelah itu pilih “aplikasi” atau “apps”
  3. Klik “semua aplikasi” dan cari Google Play Store.
  4. Selanjutnya “hapus data” atau “clear data”. Jangan lupa clear cache juga.
  5. Sekarang keluar dari menu settings, dan coba buka lagi Google Play Store.

Jika sudah bisa terbuka, selamat anda sudah berhasil. Google Play Store sudah kembali normal dan bisa anda gunakan sebagaimana mestinya. Namun, jika sudah melakukan kedua cara di atas dan ternyata masih belum bisa dibuka juga, berarti ada kesalahan pada system Android. Kalau sudah begini mau tidak mau anda harus melakukan factory reset atau flash ulang smartphone Android anda. Sebelum melakukan flash ulang, sebaiknya pindahkan atau back up data-data yang ada dalam smartphone.

Demikian cara mudah mengatasi Google Play Store yang tidak bisa dibuka, semoga tutorial di atas dapat membantu dan bermanfaat. Jangan lupa untuk berbagi dengan yang lain, siapa tahu mereka juga mengalami masalah yang sama seperti anda dan membutuhkan cara ini. Terimakasih.

IKLAN
Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka | Nie Na | 4.5