Cara Mengaktifkan Jaringan Wi-Fi Laptop di OS Windows, Linux Dan Mac OS

IKLAN

Cara Mengaktifkan Jaringan Wi-Fi Laptop di OS Windows, Linux Dan Mac OS – Wi-fi adalah salah satu jaringan lokal nirkabel yang saat ini sangat populer. Hal ini dikarenakan hampir di semua tempat-tempat strategis seperti sekolah, kantor, rumah sakit hingga taman bermain dipasa alat untuk mendistribusikan sistem Wi-fi. Fungsinya tentu saja untuk membagikan koneksi internet melalui sinyal, sehingga internet bisa dinikmati secara langsung dengan jarak tertentu. Bagi anda pengguna laptop juga bisa mengaktifkan fitur untuk menangkap jaringan Wi-fi. Berikut ini adalah beberapa tips mengaktifkan jaringan Wi-Fi laptop pada sistem operasi Windows, Linux dan Mac OS.

Sistem operasi Windows 8 – 10

IKLAN
  1. Pertama-tama buka menu Charms dengan cara menggesekkan layar kea rah ujung kanan apabila laptop anda dilengkapi dengan fitur touchscreen. Anda juga dapat menggeserkan kursor ke arah pojok kanan bawah layar.
  2. Klik menu Setting atau pengaturan
  3. Klik opsi atau ikon Wireless Network yang berbentuk seperti bar sinyal
  4. Nantinya akan muncul satu atau beberapa bar sinyal wi-fi yang terdapat pada area tempat anda membuka laptop. Selanjutnya anda hanya tinggal memilih jaringan mana yang akan anda daftarkan
  5. Ketika mendaftar, anda mungkin perlu memasukkkan password nirkabel khusus. Selanjutnya laptop anda pun akan secara otomatis terkoneksi dengan internet.

Cara Mengaktifkan Jaringan Wi-Fi Laptop

Sistem operasi Windows 7

IKLAN
  1. Klik ikon Network atau jaringan yang terdapat pada System Tray. Ikon tersebut terletak di sudut kanan bawah layar. Ikonnya berbentuk seperti gambar monitor dengan kabel Ethernet atau berbentuk seperti bar sinyal.
  2. Langkah yang dilakukan sama seperti pada sistem operasi Windows 8. Anda akan melihat daftar jaringan. Dilanjutkan dengan memilih jaringan wifi yang ingin anda daftarkan. Setelah itu klik Connect untuk menghubungkan laptop ke jaringan. Anda mungkin membutuhkan password untuk menggunakannya.

Sistem operasi Windows Vista

  1. Pertama-tama klik Start, lalu klik tombol Connect To yang terletak di sisi kanan menu
  2. Selanjutnya klik pada jaringan nirkabel atau Wi-fi. Setelah diklik, anda pun bisa menekan tombol Connect. Mungkin anda membutuhkan password untuk dapat terhubung ke jaringan. Jangan lupa juga untuk memastikan opsi di menu dropdown diatur ke Wireless
  3. Jika jaringan tidak ditemukan, maka anda bisa klik tombol Refresh untuk kembali memeriksa atau mencari jaringan tersebut

Mac OS X

  1. Pertama-tama klik ikon yang terdapat pada Menu bar. Letak menu tersebut berada di sudut kanan atas desktop. Apabila anda tidak menemukannya, klik menu Apple, lalu pilihlah System Preferences. Selanjutnya klik menu network > Wi-fi > kemudian centang kotak dengan label Show Wi-Fi status in menu bar
  2. Nantinya anda akan menemukan daftar jaringan yang terdapat dalam jangkauan laptop anda muncul. Selanjutnya pilihlah jaringan yang anda inginkan serta masukkan password jika diperlukan. Secara otomatis anda pun akan terhubung ke jaringan.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai tips mengaktifkan jaringan Wi-Fi laptop pada sistem operasi Windows, Linux dan Mac OS. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

IKLAN
Cara Mengaktifkan Jaringan Wi-Fi Laptop di OS Windows, Linux Dan Mac OS | Nie Na | 4.5