Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Bisa Diformat

IKLAN

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Bisa Diformat – Kita pastinya akan merasa stres ketika menemukan flashdisk yang biasanya kita gunakan bandel dan susah pada saat ingin diformat. Permasalahan seperti itu memang sering sekali dialami oleh para pengguna PC atau laptop yang mengirim data melalui flashdisk.

Alasan yang membuat para pemilik flashdisk ingin melakukan format untuk flashdisk yang mereka miliki salah satunya adalah dikarenakan flashdisk tersebut telah terinfeksi virus. Sebuah penyimpanan berupa flashdisk sudah tidak dipungkiri lagi jika suatu saat menjadi sarang virus pada saat digunakan untuk mentransfer data yang terdapat pada komputer yang telah terinfeksi virus.

IKLAN

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Bisa Diformat

Virus yang terdapat pada komputer tersebut merasuk dalam flashdisk, lalu apabila flashdisk tersebut kita hubungkan dengan PC baru yang masih bersih dari virus, maka virus tersebut bisa saja akan ikut masuk ke PC tersebut. Seperti yang kita ketahui jika yang namanya virus maupun malware itu sangatlah mengganggu bahkan bisa menghilangkan data penting.

Bahkan beberapa virus mampu menghilangkan data-data penting yang tersimpan di dalam media penyimpanan dan sebagian virus lagi juga dapat mencuri data-data anda. Selain itu juga terdapat virus yang mampu menghidden atau menyembunyikan data file yang anda miliki.

IKLAN

Dan kasus yang sangat sering dialami oleh para pengguna komputer adalah pada saat dia menghubungkan flashdisk pada komputer serta melakukan transfer data, maka dia akan muncul file-file aneh yang terdapat di dalam folder flashdisk tanpa diketahui darimana file tersebut berasal.

File-file aneh tersebut tentunya membuat pengguna komputer menjadi penasaran lalu mereka menjadi ingin membuka file tersebut. Setelah beberapa saat file tersebut dibuka, semua file yang tersimpan di dalam flashdisk mendadak hilang semua dan tentunya membuat si pengguna komputer menjadi kebingungan serta panik.

Perlu anda ketahui sebenarnya file yang tidak dikenal tadi merupakan virus atau malware yang memang dirancang untuk menginfeksi komputer maupun perangkat lainnya ketika dibuka. Pembuat virus merancang agar ketika pengguna membuka file tadi berarti telah memberi izin untuk virus agar bisa memodifikasi data yang terdapat pada perangkatnya. Termasuk menghapus atau menyembunyikan data yang terdapat pada flashdisk.

Sebenarnya ada trik memperbaiki flashdisk yang tidak dapat diformat, yaitu dengan langkah membuat bootable Windows kedalam dalalm flashdisk terlebih dahulu, dan kemudian memformatnya seperti biasanya. Namun perlu anda ketahui sebelumnya bahwa data yang tersimpan di dalam flashdisk akan hilang. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama hubungkan flashdisk anda ke komputer
  • Masuklah ke command promt dengan cara mengetik Windows + R dan kemudian tulis CMD dan tekan enter
  • Ketik DISKPART lalu tekan enter
  • Cari disk flashdisk (misalnya disk 1)
  • Ketik select disk 1 kemudian tekanlah enter
  • Ketik clean
  • Ketik create partition primary dan enter
  • Ketik select pilih partition 1 lalu enter
  • Ketik active dan tekan enter
  • Format flashdisk dengan perintah ketik format fs=fat32
  • Ketik assigen
  • Selesai

Demikianlah sedikit ulasan tentang trik memperbaiki flashdisk yang tidak dapat diformat. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba dan terima kasih.

IKLAN
Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Bisa Diformat | Nie Na | 4.5