Cara Memperbaiki Bad Sector Pada Hardisk Mudah

IKLAN

Cara Memperbaiki Bad Sector Pada Hardisk Mudah – Bad sector yang rusak pada hardisk sering terjadi karena berbagai masalah seperti usia pemakaian. Kerusakan bad sector tentu saja akan mengganggu kinerja apalagi yang selalu berhubungan dengan komputer. Agar pekerjaan dapat segera dilakukan kembali maka harus segera diperbaiki. Sebenarnya, cara memperbaiki bad sector pada hardisk yang rusak dapat dilakukan sendiri dengan mudah sehingga akan menghemat biaya dan waktu.

Berikut ini beberapa cara memperbaiki bad sector pada hardisk yang dapat dilakukan sendiri dengan mudah.

IKLAN
  1. Melalui CMD pada run as administrator.

Caranya: tekan windows + R kemudian diketik C:\Windows\system32\ dan tekan OK. Pilih CMD dan klik kanan kemudian pilih run as administrator. Akan muncul jendela command prompt. Ketik chkdsk/r/fc: kemudian tekan enter. Tunggu sesaat hingga menyelesaikan proses.

cara memperbaiki bad sector pada hardisk

Cara Memperbaiki Bad Sector Pada Hardisk

Cara lainnya: Klik Start, all programs, accessories, klik kanan (CMD) dan pilih run as administrator. Ketik chkdsk/r/fc: kemudian tekan enter. Tunggu sesaat hingga menyelesaikan proses.

  1. Melalui Windows Explorer.

Caranya: tekan Windows Explorer atau logo Windows + E. Pada hardisk komputer ditekan klik kanan kemudian pilih Properties. Pilih Tab Tools dan diklik. Kemudian menuju di bagian Error Checking dan dipilih Check Now. Centang di dua pilihan check disk option dan dilanjutkan dengan Start. Saat menggunakan cara ini sebaiknya segala aktifitas pada komputer ditutup. Komputer akan melakukan restart secara otomatis dan proses berjalan dalam waktu yang lumayan lama. Tunggu proses hingga selesai.

IKLAN
  1. Melalui HDD Regenerator.

Untuk hardisk yang kerusakannya tidak terlalu parah dapat menggunakan cara ini. Perbaikan  bad sector dengan cara ini tidak akan merusak file atau informasi data di dalam hardisk. Untuk memperoleh software HDD Regenerator dapat mengunjungi situs http://www.abstradrome.com/.

  1. Menggunakan Software Recovery.

Jika menggunakan software recovery maka dapat mengembalikan semua data yang hilang pada hardisk termasuk data yang terformat, terhapus dan hilang. Untuk memperoleh software recovery dapat mengunjungi situs http://www.pctools.com/product-eol/index/faq/utility/.

  1. Menggunakan Hardisk Drive Bad Sector Repair.

Melalui aplikasi ini hardisk akan dideteksi kesalahannya terlebih dahulu kemudian perbaikannya dilakukan secara otomatis. Untuk memperoleh aplikasi ini dapat mengunjungi situs http://www.softpedia.com/get/System/Hard-Disk-Utils/HDD-Bad-Sectors-Repair.shtml.

  1. Menggunakan HDD LLF Low Level Format Tool.

Jika menggunakan aplikasi ini harus melakukan back up data hardisk terlebih dahulu agar data tidak terhapus. Aplikasi ini juga akan melakukan reset hardisk ke kondisi awal saat membeli. Untuk memperoleh aplikasi ini dapat mengunjungi situs http://www.softpedia.com/dyn-postdownload.php/c9e4dae4e3ebf61d65a57ddec90f0669/54b3526b/93a2/4/2.

  1. Menggunakan Minitool Partition Wizard.

Aplikasi ini sangat populer dan sering digunakan. Untuk memperoleh aplikasi ini dapat mengunjungi situs http://download.cnet.com/MiniTool-Partition-Wizard-Home-Edition/3001-2094_4-10962200.html?hlndr=1&part=dl-6285158.

Bad sector yang kurang dirawat cenderung lebih rentan untuk rusak. Cara memperbaiki bad sector pada hardisk yang rusak diatas dapat dicoba agar perbaikan bad sector hardisk lebih menghemat waktu dan biaya.

IKLAN
Cara Memperbaiki Bad Sector Pada Hardisk Mudah | Yusnu Iman Nurhakim | 4.5