4 Bahaya Menggunakan WIFI Gratisan Pada Smartphone dan Laptop

IKLAN

Bahaya Menggunakan WIFI Gratisan Pada Smartphone dan Laptop – Wifi Gratisan memang incaran hampir semua pengguna smartphone. Karena dengan wifi gratis kita bisa bebas download ataupun upload apapun tanpa takut jebol kuota. Ya, fasilitas wifi gratis memang sangat membantu kita dalam segala hal, misalnya kita sedang berhemat, bisa nyari wifi gratisan ketika butuh internet. Atau kita sedang ingin hiburan, kita bisa download film-film gratis di internet. Atau kamu yang senang bikin vlog, kamu juga bisa enjoy upload video HD ke Youtube tanpa takut kejebolan kuota internet.

Tidak jarang pemburu wifi gratisan pergi ke tempat-tempat makan seperti McDonald, KFC, CFC, cafe-cafe membeli minuman saja untuk menemani pake wifi gratisan di tempat-tempat tersebut. Tapi, tahu gak sih kamu kalau wifi gratisan mengandung bahaya yang cukup jahat untuk android atau laptop kamu. Jadi istilah “di dunia ini tidak ada yang gratis” itu bener banget.

IKLAN

bahaya menggunakan wifi gratisan

Wifi gratisan bisa memberikan dampak yang sangat buruk untuk smartphone ataupun laptop yang kita gunakan saat berselancar di dunia maya. Untuk kamu yang belum tahu, inilah 4 bahaya menggunakan wifi gratisan pada smartphone ataupun laptop.

Bahaya Menggunakan WIFI Gratisan

IKLAN
  • Jadi Mangsa Mata-Mata

Hal pertama yang mesti kamu waspadai saat menggunakan wifi gratisan adalah mata-mata. Mata-mata ini bisa saja menyusup dan melihat aktifitas kamu saat berselancar di dunia maya. Bisa saja dia mencuri pasword atau akun penting kamu. Bayangin kalau dia curi akun adsense kamu, kan bahaya banget tuh. Bisa jadi kamu yang punya hubungan baik dengan adsense, dicuri orang yang tidak bertanggung jawab. Jadi hati-hati ya saat berselancar dengan wifi gratisan. Lebih baik kamu pakai mode incognito saat berselancar dengan wifi gratisan di Laptop ataupun smartphone.

  • Banyak Pop-up Muncul di Laptop atau Smarthpone

Tidak sedikit iklan yang berupa Pop-up mengandung malware yang sangat berbahaya. Dan itu sangat akan membahayakan smartphone atau laptop kamu. Jadi hati-hati saat berselancar dengan wifi gratisan. Wifi gratisan biasanya membawa banyak Pop-up yang selain mengandung virus juga mengganggu aktifitas browsing kamu. Dan tidak sedikit Pop-Up iklan yang muncul tidak bisa diblock dengan ad-block. Jadi intinya bahaya banget pake wifi gratisan.

  • Infeksi Virus Berbahaya

Chameleon adalah nama virus yang sangat berbahaya yang bisa menyebar lewat wifi. Penyebaran virus Chameleon sangat cepat melalui wifi, dan cukup berbahaya jika perangkat yang kamu gunakan sudah terinfeksi. Parahnya virus Chameleon bisa mengumpulkan informasi dari perangkat smartphone ataupun laptop kamu. Gimana gak bahaya tuh, bisa-bisa data-data penting yang kamu miliki di perangkat kamu diambil orang yang tidak bertanggung jawab.

  • Bahaya Hacker Pencuri Data

Para hacker biasanya mengincar para pengguna internet gratis untuk melakukan hobi isengnya. Dengan tidak bertanggung jawab para hacker akan mengambil data-data yang mereka mau dari pengguna wifi gratis yang ada di publik. Jika hal tersebut terjadi, bisa jadi para hacker ini menyalahgunakan data di komputer kamu untuk hal-hal yang buruk.

Masih mau menggunakan wifi gratis? Mulai sekarang berhati-hatilah saat berselancar dengan wifi gratis. Pastikan kamu memilih wifi yang aman saat berselancar di dunia maya. Bahaya menggunakan wifi gratis ini bisa diatasi dengan cara melindungi browser atau data-data yang ada dismartphone atau laptop kamu terlebih dahulu.

IKLAN
4 Bahaya Menggunakan WIFI Gratisan Pada Smartphone dan Laptop | Iis Nurhayati | 4.5